Apakah Beras Menyehatkan? Ketahui 4 Manfaat Penting yang Harus Kamu Ketahui dari Beras

Manfaat Beras

Di seluruh dunia, beras adalah makanan pokok beras sudah menjadi andalan di negara-negara asia seperti Indonesia, Malaysia, jepang dan negara lainnya selama ribuan tahun, dan masih sulit untuk diperdebatkan dengan keserbagunaannya di dapur modern. Tetapi apakah beras itu sehat? Dan berapakah harga bera Ya, itu tergantung pada siapa yang kalian tanyakan, dan jenis beras apa yang kaian tanyakan. Dua jenis yang muncul di kepala kalian mungkin beras merah dan nasi putih. Beras merah adalah biji-bijian utuh , dan mengandung tiga bagian: dedak (lapisan luar), germ (embrio kecil), dan endosperma (bagian bertepung gandum). Dalam beras merah, dedak dan germ disimpan karena kandungan serat dan nutrisinya. Sedang kan nasi putih telah menghilangkan bekatul dan germnya. Sehingga bisa dikatakan nasi merah memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan nasi putih Ini berarti bahwa nasi putih tidak dianggap sebagai gandum utuh seperti beras merah, dan bukan rahasia lagi bahwa gandum utuh menang atas karbohidrat olahan dalam makanan yang sehat. Tetapi hal ini bukan berarti bahwa nasi putih tidak sehat.

Manfaat Beras

Manfaat beras

  1. Beras adalah sumber energi cepat. Kecuali jika kalian adalah pengikut diet ketogenik , karbohidrat adalah hal yang baik, Pedoman Diet mengatakan bahwa makronutrien harus membuat sekitar 45 hingga 65 persen kalori harian kita (dan mereka menyarankan bahwa setidaknya setengah dari itu harus berupa biji-bijian utuh) , seperti beras merah. Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama tubuh kalian, dan ketika beras dipecah menjadi gula dan masuk ke aliran darah kita, glukosa diangkut ke sel kita untuk memperkuat aktivitas kita. Nasi merah dicerna lebih lambat karena kandungan seratnya, sedangkan nasi putih akan meningkatkan gula darah kita lebih cepat. Walaupun itu umumnya bukan hal yang hebat, nasi putih sebenarnya bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi atlet yang membutuhkan sumber bahan bakar yang mudah dicerna sebelum perlombaan atau acara.
  2. Beras umumnya aman bagi orang yang sensitif terhadap makanan. Beras adalah yang paling tidak alergi dari semua biji-bijian, yang menjadikannya pilihan yang baik bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas atau alergi makanan. Ini bebas gluten secara alami (walaupun mereka yang menderita penyakit Celiac harus membaca label untuk memastikannya diproses di fasilitas yang ramah-GF), dan sampai sekarang, beras apa pun yang dapat kalian beli juga bebas GMO .
  3.  Nasi merah adalah sumber serat yang baik. Sementara lambung dilepas dari nasi putih, beras merah merupakan sumber serat yang sangat baik, yang membantu menurunkan peradangan , meningkatkan kesehatan usus , dan meningkatkan metabolisme. Bahkan, kandungan serat ini mungkin untuk berterima kasih (setidaknya sebagian) untuk beberapa manfaat kesehatan dari beras merah secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan beras merah membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan kanker tertentu, dan itu memainkan peran dalam pengelolaan berat badan.
  4. Beras adalah sumber vitamin dan mineral. Beras memiliki lebih dari 15 vitamin dan mineral. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam beras merah mengandung vitamin B kunci, fosfor, selenium, dan magnesium, dan hanya satu cangkir beras merah yang dimasak dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan mangan harian. Sementara beras merah secara alami lebih tinggi dalam nutrisi ini.

Itulah 4 manfaat penting dari mengkonsumsi beras yang perlu kalian ketahui. Apakah itu beras merah atau nasi putih, keduanya meruoakan tanaman biji-bijian yang sehat untuk tubu kita. 

Author: fitrini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.