Belum Ada Pembuktian Ilmiah Virus Corona Bisa Menular Lewat Udara

Prof. Ari Fahrial Syam yang merupakan guru Besar Universitas Indonesia (UI) menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada pembuktian kalau infeksi virus corona dapat menular melalui udara yang kita hirup.

“Itu hoax, jadi sampai saat ini bahwa belum ada pembuktian secara ilmah bahwa virus airborne atau ada di udara, tapi ketika misalnya dia ngomong atau droplets-nya lepas, iya,” kata Ari di Jakarta, Sabtu (5/4).

Dokter ahli penyakit dalam di RSCM Jakarta kemudian menyebutkan kalau penularan lewat udara bisa saja terjadi apabila seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi covid-19 kemudian menjadi pasein perawatan di dokter gigi.

Saat pengeboran gigi, maka doplets pun dipastikan akan terbang ke udara dan bisa saja terhirup oleh dokter dan perawat yang berada paling dekat dengan pasien tersebut.

“Anda bersin, Anda nggak pakai masker, Anda bisa nularin ke orang sekitar. Di beberapa report di luar itu bahwa sopir nularin ke penumpang sama satu lagi bisa saja, guide waktu itu tertular dari penumpangnya,” jelas Ari.

“Nguap kalau sambil bersin ya bisa menulari, kalau nguap doang sih enggak. Sampai saat ini belum bisa bilang itu menularkan (lewat udara), masih tetap dari droplet, sifatnya begitu,” imbuhnya. 

Author: fitrini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.