Inilah Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi Corona

Virus Corona atau COVID-19 telah masuk ke wilayah Indonesia setidaknya sejak 2 Maret 2020 lalu. Terakhir pada hari Rabu, 18 Maret 2020 kemaren sendiri, Achmad Yurianto yang merupakan juru bicara penanganan COVID-19 sendiri menyebutkan jika ada sekitar 55 kasus positif Corona yang baru ada di Indonesia.

“Total sampai hari ini, 227 kasus positif. Data sudah diperbaiki. Setelah diakumulasi, kasus meninggal sampai 18 Maret yaitu Bali 1 meninggal, Banten 1 meninggal, DKI Jakarta 12 meninggal, Jawa Barat 1 meninggal, Jawa Tengah 2 meninggal, Jawa Timur 1 meninggal, Sumatera Utara 1 meninggal. Jadi total 19 meninggal,” ujar Yuri, dikutip dari merdeka.com, Rabu (18/3).

Presiden Joko Widodo pun telah memberikan arahan kepada seluruh masyarakat Indonesia mengenai bagaimana cara menanggulangi penyebaran virus Corona. Dimana seluruh masyarakat Indonesia akan lebih baik jika berada di dalam rumah saja selama wabah Corona ini ada di Indonesia.

“Untuk mengatasi penyebaran COVID-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyarakat,” kata Jokowi, dilansir dari liputan6.com.

Akan tetapi, bagaimana jika memang anda memiliki jadwal untuk bepergian? Pastinya anda harus selalu waspada meski anda sedang berada dimana pun dan kapan pun. Baik menempuh perjalanan dekat maupun jauh.

Berikut adalah beberapa tips aman bepergian di tengah pandemi Corona yang harus kamu ketahui. Setidaknya tips ini kami ambil dari sejumlah sumber terpercaya di Internet. Penasaran? Berikut uraiannya :

Tetap Sehat Selama Bepergian

Seperti dituliskan dalam situs covid19.go.id agar anda tetap selalu sehat selama anda bepergian, pastikan bahwa anda selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang matang dan dimasak dengan benar. Jaga diri dan juga orang lain dengan cara tidak membuang ludah di tempat umum dan hindari kontak secara dekat serta jangan sampai membawa serta hewan yang memang sedang dalam keadaan tidak sehat.

Segera ke Dokter jika Sakit

Apabila anda menemukan gejala kurang sehat, pastikan anda memberikan informasi kepada orang terdekat anda. Misalnya kepada kru atau partner anda selama di perjalanan. Hal ini dapat setidaknya membantu anda memberikan pertolongan medis. Serta jangan malu untuk memberikan infomrasi riwayat perjalananmu pada pihak medis.

Bawa Hand Sanitizer

Telapak tangan adalah tempat dimana penularan virus bisa terjadi. Oleh karenanya penting untuk membuat tangan anda selalu dalam keadaan bersih dan selalu mencucinya. Oleh karena itu, sediakan hand sanitizer selalu dalam perjalanan anda yang pastinya akan sulit untuk menemukan air.

Jika Diperlukan Gunakan Masker

Masker memang semenjang penyebaran virus Corona ini semakin langka dan sulit ditemukan. Namun ketika anda harus bepergian, pastikan anda juga telah menggunakan masker untuk membuat anda selalu terlindungi. Pastikan anda telah menutup mulut, hidung dan dagu anda untuk penggunaan masker yang benar. Di bagian atas yang terdapat kawat pastikan anda telah menekannya dengan benar sehingga membentuk bagian hidung anda.

Bersihkan Benda yang Anda Gunakan

Benda yang anda pegang sebisa mungkin anda pastikan dalam keadaan bersih atau setidaknya bersihkan sendiri.

Jaga Jarak Semaksimal Mungkin dengan Orang Lain

Pemerintah dan WHO menyarankan untuk sementara waktu ini aghar melakukan social distance. Dimana anda setidaknya berjarak 1 meter dengan orang lain ketika berada di tempat umum.

Author: fitrini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.